top of page

Tips Memilih Jasa Ekspedisi



Bagi pemilik bisnis online dan pembeli, menentukan jasa pengiriman barang amatlah penting. Sebab, sekarang ada banyak jasa ekspedisi yang muncul akibat tumbuhnya usaha online yang meningkat tajam. Di satu sisi, pilihan jasa pengirim barang yang beragam dapat menjadi alternatif. Namun, kalau tidak berhati-hati, pihak penbisnis maupun pembeli malah bisa kena tipu gara-gara ekspedisi gadungan.

Maka dari itu, agar bisnis tersebut berjalan lancar dan pembeli puas, pilihlah jasa ekspedisi terpercaya. Bagaimana caranya? Mari kita simak penjelasannya di bawah ini.

  • Lakukan Survei

Salah satu cara untuk menentukan ekspedisi pengiriman yang berkualitas adalah dengan melakukan survei. Anda bisa mengunjungi kantor atau cabangnya langsung kalau tempatnya tak jauh dari rumah. Kunjungan tersebut dapat memberi Anda hasil kilat, seperti pelayanan staf, pengemasan, hingga proses pengantaran barang. Kalau tempatnya jauh, Anda bisa melakukan riset dengan mengecek situs resmi ekspedisi tersebut. Dari sana, Anda juga bisa mengetahui jenis layanan hingga alamat dan nomor kontak dari perusahaan pengiriman barang yang bersangkutan.

  • Reputasi Perusahaan

Mengetahui reputasi perusahaan bisa jadi poin untuk menentukan jasa pengiriman barang. Pastikan track record dari jasa ekpedisi tersebut bagus, sehingga dipercaya banyak orang. Jumlah penghargaan juga bisa menjadi tolak ukur dari kualitas perusahaan. Kemudian, usia pun bisa berpengaruh pada reputasi dari jasa pengiriman tersebut. Meski begitu, ada juga ekspedisi pengiriman barang yang masih baru, tetapi memiliki layanan yang cukup bagus. Anda juga bisa menanyakan kerabat atau teman yang pernah memakai jasa dari ekspedisi tertentu.

  • Pelayanan Profesional

Ekspedisi pengiriman yang baik memiliki dokumen-dokumen yang lengkap. Selain memiliki surat izin resmi, mereka juga menyediakan resi atau nota untuk pengirim sebagai tanda bukti. Agar pengirim dapat mengawasi proses pengantaran barang, pihak ekspedisi juga akan memberikan nomor tracking. Nomor tersebut dapat dimasukkan ke dalam situs resmi ekspedisi dan Anda bisa langsung melihat letak barang yang dikirim. Selain itu, ekspedisi resmi memiliki garansi serta asuransi sebagai jaminan dari keamanan barang yang Anda kirim.

  • Biaya Kirim Barang

Karena tergiur harga murah, tidak jarang ada barang yang rusak saat tiba di tangan penerima. Kasus yang paling parah, barang tersebut lama sampai atau malah hilang di tengah jalan. Agar Anda terhindar dari masalah seperti tadi, pertimbangkan pula ongkos atau biaya kirim yang diberikan pihak ekspedisi. Jangan langsung tergoda dengan biayanya yang jauh lebih murah dari jasa pengiriman barang lainnya. Prioritaskan keamanan barang, apalagi jika terbilang penting dan Anda harus mengirimnya ke luar negeri. Setinggi apapun biaya yang harus Anda keluarkan akan sepadan dengan rasa lega saat tahu barang tiba di tempat dengan selamat.

  • Ketepatan Waktu

Tiap ekspedisi memiliki estimasi pengiriman barang yang berbeda. Biasanya, selisih hari tidak akan jauh berbeda satu sama lain, lalu tergantung oleh jarak tempuh dan berat barang. Misalnya, dengan tarif regular, barang akan sampai dalam hitungan satu atau tiga hari dan paling lama satu minggu. Tetapi, kalau barang Anda belum sampai ke tangan penerima lebih dari prediksi dan terjadi berulang kali, sebaiknya jangan gunakan jasa pengiriman tersebut. Lantas, cari tempat yang baru meski tarifnya lebih mahal, tetapi tepat dalam mengirim barang.

Semoga lima poin seputar cara menentukan jasa pengiriman barang ini bermanfaat bagi Anda!

Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
bottom of page